MEDIA INFORMASI INDEPENDEN || Kaba Salingka Nagari || News || Tutorial || Email:Berdinamikaofficial@gmail.com

Perbedaan kamera DSLR Full frame dan crop sensor

Dalam dunia fotografi Digital dikenal istilah kamera Full frame, kamera Crop sensor dan istilah crop Factor.

Apa saja perbedaan antara kamera Full frame dan kamera crop sensor? dan manakah yang terbaik diantara keduanya...?

Berikut ini penjelasan ringkasnya.

Perbedaan Kamera Full frame dengan kamera Crop sensor (APS-C) terletak pada ukuran sensor yang digunakan pada kamera DSLR itu sendiri.

Mengacu kepada sejarah kamera SLR Film dimana sensor yang digunakan berukuran 35mm. Ukuran ini digunakan sebagai ukuran standar sensor pada kamera DSLR full frame.

Sedangkan pada kamera DSLR lainya menggunakan ukuran sensor lebih kecil  disebut dengan istilah Digital Crop Camera.
Dengan perbedaan ukuran yang dimiliki oleh sensor maka kamera Full frame dan crop sensor memiliki hasil gambar yang berbeda pula.
Dengan menggunakan lensa yang sama dan ukuran yang sama maka kamera full frame akan menghasilkan gambar yang lebih luas (wide) dibandingkan lensa crop sensor.



Dengan adanya perbedaan ukuran gambar yang dihasilkan antara kamera Full frame dan kamera krop, maka untuk menghasilkan ukuran crop yang sama antara keduanya digunakan Crop factor.
untuk kamera Nikon umumnya menggunakan Crop faktor 1,5 sedangkan pada kamera cannon menggunakan Crop factor 1,6.

Crop sensor : Full frame = Crop factor
10mm : 16mm= 1,6

Sebagai perbandingan maka hasil gambar kamera Full frame menggunakan lensa 16mm akan menghasilkan Crop yang sama dengan kamera Crop sensor dengan menggunakan lensa 10mm.





Lalu manakah yang lebih baik antara kamera Full frame dan kamera crop sensor.

jawaban yang lebih tepat menurut penulis adalah masing-masing kemera memiliki keunggulan dan kekurangan masing tergantung pada jenis fotografi apa kamera tersebut digunakan.

kamera full frame akan sangat bagus digunakan pada fotografi Landscape atau pengambilan gambar lebar. Sedangkan kamera Crop Sensor lebih efektif dignakan pada fotografi Portrait, Sport dan pengambilan gambar dengan crop yang lebih besar.

Dari segi kualitas sensor kamera Full frame jelas lebih baik karena dengan ukuran sensor yang lebih besar kamera full frame sangat baik digunakan pada cahaya kurang dan menghasilkan noise lebih sedikit dibandingkan kamera crop sensor.

Dari segi harga tentu saja kamera crop sensor lebih baik. Karena kamera ini lebih diutamakan untuk entri Level dan intermediet. sedangkan untuk profesional dengan biaya lebih besar maka kamera Full frame adalah solusinya.



Share: