MEDIA INFORMASI INDEPENDEN || Kaba Salingka Nagari || News || Tutorial || Email:Berdinamikaofficial@gmail.com

Sah, Koalisi Perubahan untuk Persatuan telah resmi ditandatangani. Mandat selanjutnya diserahkan kepada Anies


Pada hari jumat 24 maret 2023, telah dilaksanakan deklarasi koalisi oleh 3 partai yakni  partai Nasdem, Pks dan Demokrat. Koalisi tersebut dinamakan sebagai Koalisi Perubahan untuk Persatuan, disingkat KPP. Dalam deklarasi tersebut telah disepakati piagam kesepakatan bersama untuk mengusung Anies Baswedan sebagai Calon presiden pada pemilu 2024 nanti.

"Alhamdulillah, Koalisi Perubahan Untuk Persatuan makin solid dgn ditandatanganinya Piagam Kerjasama Tiga Partai: Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera." Demikian ungkap Anies dalam laman Twitternya @aniesbaswedan.

Yang menarik dari piagam kesepakatan tersebut pada poin ketiga disebutkan bahwa ketiga partai menyerahkan mandat kepada Anies Baswedan untuk memilih calon wakil Presiden sendiri dengan memperhatikan kriteria yang telah disepakati bersama.

Adapun kriteria tersebut adalah 

1. Berkontribusi dalam pemenangan, diwujudkan dengan tingkat elektabilitas yang tinggi, dan tingkat kerentanan politik yang rendah.

2. Berkontribusi dalam memperkuat dan menjaga stabilitas koalisi.

3. Berkontribusi dalam pengelolaan pemerintahan yang efektif.

4. Memiliki visi yang sama dengan Calon presiden, 

5. berkomitmen membangun kebersamaan sebagai dwi-tunggal.

Adapun pada poin kelima kesepakatan itu disebutkan bahwa; kepada Calon Presiden diberikan keleluasaan untuk berkomunikasi guna membangun kerjasama dengan partai-partai yang kini memiliki kursi di parlemen untuk pada akhirnya dapat memperluas basis dukungan politik.

Poin-poin dari kesepakatan tersebut menunjukkan bahwa setiap unsur koalisi lebih mengedepankan stabilitas koalisi diatas kepentingan partai. Dengan diserahkannya mandat kepada Anies artinya partai siap untuk menerima Calon Wakil presiden yang dipilih Anies baik itu dari salah satu partai koalisi ataupun dari luar koalisi.



Share: