MEDIA INFORMASI INDEPENDEN || Kaba Salingka Nagari || News || Tutorial || Email:Berdinamikaofficial@gmail.com

Tips Cara Memilih Kamera DSLR Untuk Pemula


Tips memilih kamera DSLR
Mau belajar Fotografi?

Otomatis ada niat dong buat beli kamera. Mau chas atau kredit itu terserah, tergantung kondisi kantong masing masing. biasanya yang namanya barang, kalau sudah di tangan akan mudah buat dipelajari dan lama-lama akan mahir dengan sendirinya. 

Kata bapak saya,... seorang fotografer itu gk akan jadi, sebelum udah bawa tidur kameranya... hehe.
Tapi ada benarnya juga. Soalnya pengalaman saya pas beli kamera pertama kali, belajar kameranya hampir setiap saat. bahkan sebelum tidurpun masih juga utak atik sana-sini.

Bicara soal membeli kamera, tidak perlu dibawa pusing. Yang penting kita banyak bertanya dan juga banyak browsing.

Berikut tips dari saya tentang bagaimana cara membeli kamera DSLR yang tepat untuk fotografer pemula.
Yang pertama harus teman lakukan adalah tetapkan dulu berapa anggaran dana  yang ada di kantong... jangan sampai gara-gara beli kamera malah nggak bisa makan selama sebulan, atau malah nggak bisa kuliah gara-gara uang kuliah nggak ada.beli kamera itu boleh saja yang harganya murah. kamera murah pun akan menjadi terbaik jika yang megang kameranya telaten dan terus belajar.

Yang jelas kamera yang pertama kali kita beli akan lebih banyak kita gunakan untuk belajar. jadi jangan terlalu bernafsu dengan fitur-fitur canggih kamera-kamera mahal. Kamera entry level dari canon atau Nikon  sudah cukup memadai untuk kebutuhan sehari-hari, untuk hobi, bahkan juga bisa untuk menghasilkan uang.

Beli kamera juga tidak harus kamera baru, kamera bekas juga boleh, tapi...! kamu harus hati-hati. jangan sampai asal beli karena harga murah saja, lihat barangnya dulu, trus lihat juga orangnya bagaimana. sebisa mungkin rembukkan dulu dengan yang ahli soal kamera agar bisa di cek kondisi kamera dan segala pelengkapan serta asesorisnya.

Soal orangnya sebaiknya dilihat apakah orangnya suka hati-hati atau malah asal-asalan sama barang. Ingat, Kamera itu barang elektronik digital yang bisa rusak karena benturan atau kurang perawatan. apalagi jenis perangkat optik yang digunakan sangat sensitif. tidak bisa sembarangan buka pasang lensa atau kamera malah diletakkan ditempat yang banyak debunya.

Mau memilih kamera Canon atau Nikon atau merk kamera DSLR lain sebaiknya teman-teman tidak usah fanatik merk. misal, mentang-mentang printernya canon, trus kameranya harus juga Canon, atau mentang-mentang TV nya Sony, trus kameranya juga Sony. Tidak harus demikian.

Setiap kamera dengan merk populer dan banyak digunakan di Indonesia seperti Canon dan Nikon sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing pada setiap kelasnya. Saran saya cara terbaik adalah memilih merk yang mungkin sudah pernah anda pelajari, atau merk itu banyak dimiliki oleh teman-teman anda. Hal ini akan memudahkan anda untuk mencari mentor dan berdiskusi bahkan praktek bersama dengan orang yang lebih mahir. Selain itu juga akan bagus untuk anda karena  anda akan lebih mudah  untuk share perlengkapan dan asesoris yang mungkin saja-sewaktu-waktu kita butuhkan, seperti Lensa, baterai dll.

Perkembangan teknologi kamera digital itu boleh dikatakan relatif cepat. produk dengan teknologi terbaru akan terus bermunculan mulai dari kamera poket , DSLR, atau juga yang terbaru jenis kamera Mirrrorles yang mulai mengemuka. Akan tetapi bukan berarti kita harus terus mengikuti semua produk terbaru. Update peralatan itu memang penting. Tetapi tetap harus disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran.

Sekian dulu dari saya, semoga bermanfaat...







Share: